Rabu, 07 April 2010

Sejarah Klub Pelita Jaya FC


Sejarah Klub Pelita Jaya FC

PS. Pelita Jaya pertama kali berdiri bertepatan dengan bergulirnya kompetisi Galatama Kramayuda, yaitu tahun 1986, dengan manajer Rahim Soekasah dan Andre Amin sebagai asisten manager. Saat itu mereka bermarkas di Stadion Menteng dengan pelatih Bertje Matulapelwa (Alm.). Pada tahun 1988 mereka memiliki pelatih baru yaitu Benny Dolo, bermarkas di stadion Bekasi dan Lebak Bulus.

Sejak tahun berdiri hingga tahun 2006, PS. Pelita Jaya telah 5 (lima) kali berganti nama dan kepengurusan. Diantaranya pada tahun yang sama, yaitu 1988, bermarkas di stadion Lebak Bulus dengan pelatih yang sama tetapi manajer yang menangani hanya tinggal Andre Amin.

Tidak lama berselang, mereka berganti nama menjadi PS. Pelita Mastrans dengan manajer Nurdin Halid dan bermarkas di Lebak Bulus. Pada tahun kepengurusan 2000 - 2001, mereka berganti nama menjadi PS. Pelita Solo dimanajeri oleh Irsahn Sutanto dan Danurwindo sebelumnya dilatih Yusak Sutanto dengan record 13 kali bertanding tanpa kalah dan dihentikan karena kerusuhan Mei. Pada tahun tersebut stadion Manahan Solo menjadi pilihan markas mereka, saat itu PS. Pelita Solo dibawah pelatih Rully Nere.
Era tahun 2003 mereka kembali berganti nama kesebelasan menjadi PS. Pelita Krakatau Steel dengan jajaran pengurus sebagai berikut: manajer Joko Driono, Stadion Krakatau Steel sebagai markas, dan dua kali berganti pelatih yaitu Danur Windu dan Mundari Karya.

Pada tahun 2006, PS. Pelita Jaya Purwakarta menjadi nama baru menggantikan PS. Pelita KS. Manajer Rahim Soekasah, dan pelatih Bambang Nurdiansyah terpilih kedalam jajaran kepengurusan saat itu. stadion Lebak Bulus dan Stadion Purnawarman Purwakarta juga terpilih menjadi markas tim PS. Pelita Jaya Purwakarta.

Di tahun musim pertandingan Liga Super 2008, PS Pelita Jaya Purwakarta merubah kembali kepengurusanya. Nama Klub berubah menjadi Pelita Jaya FC dan tidak terlalu bersifat kedaerahan seperti Purwakarta tetapi lebih kepada segmentasi yang lebih luas lagi yaitu Pelita Jaya FC yang berada di Jawa Barat. Kepengurusan tahun ini, Manager Tim tetap dijabat oleh Rahim Soekasah dengan Pelatih Fandi Ahmad dan Asst. Pelatih Kadir Yahaya. Sementara itu, lokasi home ground pun berpindah tempat, dari Stadion Purnawarman Purwakarta, sekarang berpindah ke Stadion Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung dan lokasi basecamp tetap berada di Sawangan Depok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar